Cara Mudah Update Panel di VestaCP

Cara Mudah Update Panel di VestaCP

Salah satu kemudahan-kemudahan jika kita menggunakanVestaCP adalah kemudahan dalam mengupdate versi terbaru dari control  panel. VestaCP dapat diupdate dengan mudah melalui menu “updates” di panel ataupun melalui comand update via CLI.

Jika kita melihat dari halaman roadmap VestaCP sendiri, ternyata ada versi terbaru yang direlease per akhir bulan juni kemarin, yaitu Versi 0.9.8-16. Kebetulan versi yang saya pakai masih mengggunakan 0.9.8-15,  sebenarnya notifikasi update bisa dilihat di menu updates di panel, disitu akan tertera bahwa versi core vesta cp kita telah “outdated” atau telah usang.

Kemudian seperti yang telah saya sampaikan diatas, untuk mengupdatenya ada 2 cara, cara pertama langsung saja bisa via menu “updates” kemudian select bagian yang mau kita update, yang jelas vesta core itu wajib, tinggal di ceklist saja kemudian klik update dikanan, tungggu prosesnya hingga selesai.

panel-update-vestacp

Panel menu updates di VestaCP

Cara yang kedua update melalui commnd CLI, caranya juga sangat simpel, masuk ke terminal, login sebagai root di server, dan ketikkan perintah update dibawah ini

v-update-sys-vesta-all

Tunggu prosesnya sampai selesai, dan silahkan lagi cek dengan perintah

v-list-sys-vesta-updates

Harusnya dari situ bisa terlihat, versi dan release yang update paling akhir telah terinstall.

Update sangat penting dilakukan, karena setiap release update pasti membawa banyak improvisasi, perbaikan dan menambal banyak bug sistem dan bug-bug keamanan, jadi pastikan panel kita selalu uptodate.

2

No Responses

Kirim Komentar