Cara Upgrade Ubuntu Server ke 16.04

Cara Upgrade Ubuntu Server ke 16.04

Ubuntu baru saja merilis versi terbarunya yaitu Ubuntu versi 16.04 Long Term Support, dengan kode nama Xenial Xerus. Sedikit tentang arti kode nama ini yang sempat saya baca dari wikinya, “Xenial” sendiri bisa diartikan sebagai hubungan persahabatan antara tuan rumah dan tamu sedangkan “Xerus” adalah hewan tupai tanah dari Afrika, mereka berkembang di padang gurun dan mereka tinggal dengan membuat kelompok-kelompok sosial kecil yang biasa bergaul baik dengan tetangga mereka. Mereka cepat, penuh semangat, ramah dan dikenal karena mereka memiliki keberanian. Itu mungkin sekilas arti filosopi dari penamaan kode nama Ubuntu Xenial Xerus.

Kembali ke Ubuntu 16.04, karena ini versi LTS untuk dukungan rencananya akan di support selama 5 tahun ke depan, yang berarti akan berakhir sampai tahun 2021, yang didalamnya termasuk Ubuntu Desktop, Ubuntu Server, Ubuntu Core, dan Ubuntu Kylin. Sedangkan semua varian lainnya selain yang sudah disebutkan diatas akan didukung selama 3 tahun.

Sebagai perbandingan dengan versi dibawahnya, kita dapat melihat dukungan pada release cycle timeline berikut ini

Ubuntu release cycle

Untuk upgrade versi ubuntu server sebenarnya tidak cepat-cepat dianjurkan, itu bisa dilihat ketika saat ini kita menjalankan perintah do-release-upgrade, pasti hasilnya “No new release found”, itu dikarenakan pengembang ubuntu merekomendasikan untuk sabar menunggu untuk melakukan upgrade sampai dengan poin pertama dirilis atau 16.04.1 dan itu mungkin sekitar bulan Juli atau bisa lebih. Tetapi jika tidak sabar kita tetap dapat mengupgradenya dengan menambahkan opsi parameter -d. Karena tak sabar saya juga mencoba untuk upgrade ubuntu server dari Ubuntu 14.04 LTS ke versi 16.04 LTS di sebuah VPS OpenVZ.

Tapi sebelum melakukan upgrade, coba perhatikan dulu hal-hal berikut ini :

  1. Backup, backup dan backup data & app di server untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Dianjurkan gunakan ssh via serial console, atau bisa juga menggunakan screen session, untuk jaga-jaga jika sesi ssh terputus saat upgrade, tapi sekarang agaknya sudah lebih aman karena akan ada opsi tambahan otomatis ssh port 1022 sebelum proses upgrade dimulai.
  3. Kemudian perhatikan proses saat upgrade, karena kita akan diminta beberapa konfirmasi detail apa saja yang pelu disetujui atau tidak.
  4. Sebagai tambahan untuk VPS jenis OpenVZ mungkin ada beberapa yang tidak dapat di upgrade atau akan bermasalah setelah berhasil di upgrade, ini dikarenakan untuk upgrade, Ubuntu 16.04 merekomendasikan minimum linux kernel adalah versi 3 ke atas.

Langkah pertama kita bisa mengecek versi ubuntu kita saat ini

cat /etc/lsb-release

Hasilnya

DISTRIB_ID=Ubuntu
DISTRIB_RELEASE=14.04
DISTRIB_CODENAME=trusty
DISTRIB_DESCRIPTION="Ubuntu 14.04.4 LTS"

Selanjutnya pastikan sistem kita update ke paling akhir, jalan kan perintah dibawah

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

Lakukan restart pada ubuntu

sudo reboot

Saatnya kita instal paket update manager dengan peritah dibawah

sudo apt-get install update-manager-core

Setelah itu edit pada bagian /etc/update-manager/release-upgrades, dengan perintah

sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

dan pastikan bagian promt adalah Prompt=lts

Selanjutkan jalankan perintah dibawah untuk mulai proses upgrade

sudo do-release-upgrade -d

Akan muncul konfirmasi proses upgrade akan dimulai, tekan Y dan enter. Tunggu sampai proses upgrade selesai, sedikit agak lama, dan perhatikan konfirmasi-konfirmasi yang muncul dilayar, kita perlu menjawahnya denga Y atau N.

Terakhir proses upgrade akan meminta restart, jawab dengan Y,

Login lagi ke VPS, dan cek lagi versi ubuntu,
jika muncul seperti dibawah berarti sukses upgrade ke Ubuntu Server 16.04 LTS

DISTRIB_ID=Ubuntu
DISTRIB_RELEASE=16.04
DISTRIB_CODENAME=xenial
DISTRIB_DESCRIPTION="Ubuntu 16.04 LTS"

 

4

No Responses

Kirim Komentar