Enfold WordPress theme : Google Maps Api element javascript conflict

Enfold WordPress theme : Google Maps Api element javascript conflict

Bagi anda pengguna tema populer wordpress Enfold, dan anda telah menginstal beberapa plugin yang membutuhkan atau mengaktifkan api goggle maps (seperti Google places review plugin), tentu itu akan membuat plugin anda tidak bekerja, dan tentunya akan menyebabkan errror.

Hal ini disebabkan karena konflik penggunaan api Google maps, yang sebelumnya sudah ada pada tema Enfold. Seperti diketahu Enfold tema dari kriesi.at mengaktifkan Google javascript api pada setiap halaman pada admin, hal ini tentunya akan menjadikan konflik dengan plugin yang yang membutuhkan Google maps api javascript juga. Untuk mengeceknya, pertama-tama anda bisa lakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Debugging error api javascript

Jika anda meakai Chrome, hal ini bisa dilakukan dengan cara, buka Chrome Developer Console, F12, inspect element, atau anda akan melihat tanda error merah kecil, klik pada bagian itu, anda akan menjumpai “You have included the Google Maps API multiple times on this page. This may cause unexpected errors.”

Solusi, agar plugin bisa berjalan normal, kita harus menonaktifkan/mendisable Google maps element api yang ada pada tema, caranya adalah tambahkan baris berikut pada file functions.php , yang berada pada direktori tema anda.

add_filter('avf_load_google_map_api', 'disable_google_map_api', 10, 1);

function disable_google_map_api($load_google_map_api) {
	$load_google_map_api = false;
	return $load_google_map_api;
}

tambahkan pada baris terakhir, simpan, dan refresh kembali pada halaman admin anda. Anda akan melihat hasilnya, plugin yang memanfaatkan Google maps element api akan berjalan normal kembali.

6

No Responses

Kirim Komentar