Flight Simulator di Android

Flight Simulator di Android

Beberapa hari yang lalu saya sedang tertarik mencoba flight simulator, ketemulah ini namanya X-Plane 9, X-Plane 9 merupakan game simulasi penerbangan yang paling fleksibel dan realistik dan untuk saat ini sudah tersedia dalam versi PC desktop dan perangkat mobile, untuk android sendiri sudah tersedia di google play.

Seperti di kutip dari wiki situsnya,

“X-Plane assimilates the geometric shape of any aircraft and then figures out how that aircraft will fly. It does this by an engineering process called “blade element theory,” which involves breaking the aircraft down into many small elements and then finding the forces acting on each little element many times per second. These forces are then converted into accelerations which are then integrated to velocities and positions. Of course, all of this technical theory is completely transparent to the end users—they just fly!”

http://wiki.x-plane.com/Appendix_A:_How_X-Plane_Works

Simulasi pesawat di game ini dibuat dengan menggunakan blade element theory untuk model penerbangan yang paling akurat untuk komputer pribadi dan perangkat mobilenya juga telah memperoleh sertifikasi FAA untuk logging waktu penerbangan untuk pilot.

Untuk fitur-fitur didalamnya antara lain pemandangan global yang meliputi hampir semua permukaan bumi, untuk area penerbangannya mencakup Innsbruck, Austria; Boswell Bay, Alaska; Maui and Lanai islands, Hawaii; Southern California; San Francisco; dan Desert Sky, California.

Untuk pesawatnya default free yang sudah terinstal dan dapat digunakan adalah Cessna 172, Columbia 400, Piper Malibu, Cirrus Vision, Piaggio Avanti, Beech King-Air and Eclipse-Jet 500, untuk yang lainnya seperti seri Boeing Air Bus, dan Helicopter juga tersedia tapi masih berbayar dan harus membeli.

X-Plane 9 untuk Android ini akan mengajak untuk bereksperimen dengan waktu, cuaca, kondisi langit, angin dan kekacauan yang berbeda-beda. Dilengkapi dengan efek suara yang cukup bagus, dan jika kita memiliki teman di sekitar, kita dapat terbang bersama via WiFi. Untuk di android kemudi kontrol pesawat saat terbang menggunakan sensor accelerometer, jadi kita cukup menggerakkan ke kiri kanan handset android kita untuk kemudinya dan untuk view kontrol perpindahan windownya cukup dengan disentuh di layar.

Gambar layar utama kokpit pesawat di xplane 9 :

Berikut tips cara untuk menerbangkannya, atau take off untuk pemula :

  1. Matikan rem.
  2. Tarik flaps turun sekitar 1/3 dari layar, untuk membuat beberapa angkatan ekstra untuk lepas landas.
  3. Geser throttle sampai ujung paling atas.
  4. Tarik RUD (rudder) kiri slider dan kanan untuk mengarahkan di landasan pacu.
  5. Ketika pesawat mencapai kecepatan lepas landas, miringkan perangkat kembali ke arah kita, sehingga seperti menarik kembali kontrol kemudi pesawat.
  6. Setelah pesawat sudah terbang di udara, tarik / darg flaps kembali ke atas.
  7. Terbanglah pada sekitar 10 derajat kemiringan (ini akan membuat pesawat lebih powerfull) dengan kecepatan penuh hingga ketinggian yang diinginkan tercapai. Yang perlu diperhatikan bahwa setelah power diset pada kondisi full, kinerja pesawat (dalam hal tingkat pendakian dan kecepatan udara) dikendalikan dengan pitching hidung atas dan ke bawah. Jika hidung pesawat terlalu tinggi, maka kecepatan akan turun sampai ke bawah dan over.

 

Sedangkan untuk bisa mendaratkannya (landing), ikuti langkah-langkah dibawah :

  1. Ketika terbang di udara teruslah berputar sampai landasan pacu sudah terlihat di kokpit pesawat kita. Idealnya, pesawat akan berorientasi sejalan dengan landasan pacu saat itu masih jauh. Hal ini disebut sebagai pendekatan untuk landasan pacu (approach to the runway). Pada saat pendekatan dengan landasan pacu, jagalah kecepatan pesawat ini paling tidak sedikit di atas 90 knot.
  2. Ketika pesawat kita semakin dekat ke landasan pacu, secara bertahap kurangi kecepatan, baik dengan menurunkan Throttle atau dengan menambahkan Flaps. Ini memperlambat pesawat secara bertahap dan kecepatan pesawat harus sedikitnya berada di bawah 70 knot ketika mendarat di landasan pacu, dengan power sebesar nol dan Flaps harus full keatas.
  3. Ikuti terus pelan-pelan pada saat mulai jalan meluncur ke landasan-yaitu, titik hidung turun antara 3 ke 5 derajat. Tepat sebelum pesawat mencapai tanah, naikkan hidung pesawat sampai sekitar 7 derajat untuk touchdown lembut.
  4. Saat pesawat berhasil menyentuh tanah, tekan tombol BRAKES untuk mengaktifkan pengereman pada pesawat.
  5. Yang terakhir tunggu hingga pesawat berhenti di landasan pacu dan berdoalah agar pesawat tidak mengalami flamming death :D.

Galeri screenshoot penerbangan di x-plane 9 :

        

7

No Responses

Kirim Komentar