Google Deprecating Fitur Layanan Web Hosting di Google Drive

Google Deprecating Fitur Layanan Web Hosting di Google Drive

Google akan menghentikan dukungan untuk layanan web hosting di Google Drive, mulai per tanggal 31 Agustus 2016, begitu bunyi pengumuman yang belum lama saya baca di blog google apps updates, berikut sedikit petikannya

Beginning August 31, 2015, web hosting in Google Drive for users and developers will be deprecated. Google Apps customers can continue to use this feature for a period of one year until August 31, 2016, when serving content via googledrive.com/host/doc id will be discontinued.

Jadi semua konten yang dilayani lewat googledrive.com/host/doc id akan mulai diberhentikan per tanggal tersebut. Apa yang saya risaukan selama ini memang benar-beanar terjadi. Dulu saya sempat berpikir sampai kapan fitur ini akan terus didukung, dan akhirnya terjawab sudah.

Sebenarnya saya telah menggunakan fitur ini selama setahunan lebih, saya gunakan untuk menghost konten-konten statis di beberapa situs web yang saya kelola. Dengan dihentikannya tentu saja saya harus segera memigrasikannya semua, dan ini tentunya membutuhkan kerja 2 x.

Alasan dberhentikan spesifiknya tidak dijabarkan dengan rinci, google hanya menggatakan bahwa sejak Drive diluncurkan, berbagai hosting layanan publik lain telah banyak muncul dan google berpikir layanan-layanan yang ada sekarang lebih baik sehingga mereka memutuskan menutup fitur ini dan akan fokus pada layanan core Drive and Google Apps experience.

Untuk solusi bagi yang terkena dampak ini Google menyarankan untuk mempertimbangkan pindah ke salah satu layanan melalui Google Domain ataupun Google Cloud Platform, tergantung aplikasi kita.

Via blog google app updates.

8

3 Responses

  1. DedyAkasWebsite
    27/10/2015
  2. karyatna
    07/09/2016
    • andykamto
      07/09/2016

Kirim Komentar