Masalah Pada Mini Router TP-LINK TL-MR3020

Masalah Pada Mini Router TP-LINK TL-MR3020

Saya memakai produk tplink TL-MR3020 sudah sekitar 2 tahunan ini, saya masih ingat saya membelinya pertama kali sekitar pertengahan tahun 2013, itupun setelah saya tertarik karena ada salah seorang teman yang memakai mini router tplink ini tapi dengan type yang berbeda. Jadi saya putuskan untuk membeli dan jatuh pada pilihan type ini, dengan alasan karena ini yang paling murah pada saat itu.

Selama ini pemakaian secara wajar lancar-lancar saja. Tetapi selama sebulanan terakhir ini mulai terasa ada keanehan. Sinyal di modem full, indikator lampu LED untuk wifi nyala berkedip, untuk internet juga nyala berkedip, dari gadget dan laptop pun juga bisa konek ke wifi, tapi internet ga konek, seperti tidak adanya transfer paket data dari router, jadi seperti idle. Kejadian seperti ini intermitten, tapi semakin lama kok semakin sering.

tl-mr3020_normal.jpg

TP-LINK TL-MR3020

Diagnosa pertama saya ada di modem, karena modem nya termasuk modem jadul keluaran tahun 2010, dan seringnya mengeluarkan panas berlebihan, beda dengan routernya yang masih tetep adem. Tapi ternyata bukan, setelah di cek modemnya ternyata masih ok. Berarti masalahnya ada pada router tplink. Saya coba reset ke tombol pengaturan awal, kembali normal lagi tapi selang beberapa saat masalah nya muncul kembali.

Pikiran saya pada waktu itu memang sudah saatnya untuk ganti mini router, tapi sebelum memutuskan untuk membeli yang baru, saya coba langkah terakhir yaitu Upgrade Firmware, iya benar dengan Upgrade Firmware kita akan mendapat update software untuk meningkatkan kompabilitas dan stabilitas pada router dan juga kita akan mendapat tambahan compability list usb modem yang di support.

Sempat berpikiran, jika dengan upgrade firmware tetap sama saja, apa saya jadikan mini router ini sebagai sebuah mini pc saja, tentunya dengan saya instali OpenWrt di dalamnya. Akhirnya saya coba untuk upgrade firmware. Saya kunjungi cek di halaman official page suppport tp linknya, ternyata sudah banyak keluaran release firmware terbaru. Per artikel ini ditulis untuk type TL-MR3020 firmware yang paling baru adalah TL-MR3020_V1_140610 keluaran tanggal 6/10/2014. Anda bisa cek pada halaman ini.

2015-07-22_134633.jpg

Ternyata firmware bawaannya sudah termasuk jadul, kemudian saya upgrade saja firmware untuk router tplink ini. Untuk mulai upgrade langsung saja downlod file paket yang ada pada halaman tadi. Pilih saja firmware yang paling baru. Didalamnya sudah ada dokumen dan cara manual untuk upgrade firmwarenya yang terbilang sangat mudah. Atau anda juga bisa melihat manual bagaimana Cara Upgrade Firmware Router TP-LINK TL-MR3020 melalui halaman ini.

Terlihat versi firmware bawaan sebelum saya update pada gambar bawah ini

2015-07-20_191529_1.jpg

Versi firmware baru tplink TL-MR3020 setelah saya upgrade

2015-07-20_193749_1.jpg

Setelah saya upgrade, masalah yang pertama muncul ternyata hilang, router telah berjalan normal seperti biasanya, tentunya sampai pemakaian beberapa hari ini. Kita lihat saja sampai hari-hari berikutnya jika ternyata masalahnya datang kembali, memang sepertinya sudah disuruh untuk segera ganti router baru nih 🙂

2

One Response

  1. abidach
    26/02/2018

Kirim Komentar