Museum Merapi, geowisata edukasi museum yang layak dikunjungi

Museum Merapi, geowisata edukasi museum yang layak dikunjungi

Saat pertama kali sampai di areal depan museum ini, saya sempat kagum, betapa wahnya bangunan yang berdiri di depan saya, bangunannya berbentuk kerucut berundak-undak, terliat dari luar arsitekturnya memang tampak modern. Nama lengkap bangunan museum ini adalah Museum Gunung Api Merapi (MGM).

Karena letaknya di kawasan lereng Merapi, tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, maka jika cuaca sedang cerah dari luar bisa terlihat latar belakang museum yaitu adalah gunung merapi yang begitu indah dan ditambah dengan udara dingin sejuk akan membuat siapapun termasuk saya  sendiri ingin betah berlama-lama ditempat ini :-).

Sedikit review saya mengunjunginya sekitar minggu ke 2 januari kemarin, untuk harga tiket masuknya adalah tiket biasa: Rp 5000,- Tiket Teater : Rp 8000,-   dengan tiket teater saya bisa melihat film dokumenter pendek tentang gunung merapi disebuah ruang audio-visual yang ada dilantai 2. Film yang di putar disini ternyata kurang lebih sama seperti film dokumenter merapi yang pernah saya tonton di Bpptk Esdm Yogyakarta pada saat study wisata di tahun 2011 yang lalu.

Berlanjut ke dalam museum, untuk koleksi didalamnya sendiri cukup lengkap, dan saya cukup puas dengan informasi yang disajikan. Dimulai saat pintu masuk terdapat replika gunung merapi yang cukup besar, lalu adanya ruangan pameran bertema Volcano World, Manusia dan Gunungapi, Bencana Gempabumi dan Tsunami, Bencana Gerakan Tanah, Diorama, Peralatan Survey, Extra-terrestrial Volcano, Film Show, dan fasilitas lainnya.

Sebenarnya saya juga masih tidak sabar untuk menunggu Museum Budaya Merapi, yang menurut berita, rencananya akan di bangun mulai bulan Mei 2013 ini dan disekitar kawasan ini juga, kita nantikan saja..:-)

Foto-foto diluar dan didalam museum :

 

2

No Responses

Kirim Komentar