My Ramadan Companion, Aplikasi Sahabat Ramadhan dari Google

My Ramadan Companion, Aplikasi Sahabat Ramadhan dari Google

Tak terasa sudah memasuki hari ke 14 ramadhan, ternyata pada awal bulan ramadhan kemarin, Google salah satu raksasa internet saat ini juga ikut memeriahkannya, pertama dimulai saat Google meluncurkan sebuah aplikasi berbasis web pendukung untuk ibadah puasa Ramadhan, aplikasi ini dinamai My Ramadan Companion atau kalau bahasa indonesianya Sahabat Ramadhanku.

Secara garis besar aplikasi ini akan memberikan informasi, tips serta konten yang bisa dimanfaatkan selama menghadapi bulan puasa. Apa saja itur-fitur pada My Ramadan Companion ini, berikut diantaranya yang saya kutip dari google blog 

  1. Pengguna dapat mengetahui informasi waktu berbuka puasa (mahgrib) dan waktu sahur.
  2. Pengguna dapat mencari lokasi terdekat yang sedang malakukan pembagian ta’jil gratis.
  3. Pengguna akan dapat resep makanan dan tips kesehatan setiap hari selama puasa di bulan Ramadhan selama 30 hari.
  4. Mampu membantu dalam mendesain sebuah kartu ucapan selamat Ramadhan yang bisa dibagikan untuk relasi dan keluarga kita.
  5. Adanya alarm yang sangat bergua untuk membangunkan waktu sahur.
  6. Aplikasi ramadan ini terintegrasi sepenuhnya dengan Google Now.

sahabat_ramadhanku.jpg

Ya lumayan berisi dan bermanfaatlah sepertinya fitur-fiturnya. Tapi menurut saya pribadi informasi yang disajikan didalamnya masih sedikit dan masih kurang, pas saya akses dari sini (indonesia) beberapa halaman banyak yang kontent nya masih kosong. Tapi bagi anda yang ingin mencobanya, anda bisa langsung membuka halaman https://ramadan.withgoogle.com.

Yang kedua google juga menyambut ramadhan dengan membuat halaman khusus landing page di Google Play, anda bisa mengunjunginya dengan mengunjungi link berikut ini. https://play.google.com/store/apps/collection/promotion_300181f_ramadan2015_app_all?hl=en , yang berisi daftar beberapa aplikasi pilihan Android untuk dapat di download selama bulan puasa ini.

Selanjut yang ketiga terakhir kemarin ini google merilis fitur terbarunya yang terdapat di Google App yaitu Kartu Now, Kartu Now ini kalau di indonesia adalah kartu kompilasi tren khusus konten-konten Ramadhan, dapat diakses langsung ketika kita membuka aplikasi Googgle Now di Android.

Menurut info Indonesia menjadi negara pertama yang merasakan fitur Kartu Now ini. Anda bisa menuju ke link berikut ini untuk bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan Kartu Now. Saya juga belum sempat untuk mencobanya.

Ya semoga saja itu semua bermanfaat bagi kita yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan ini, well done google! salam ramadhan 🙂

3

No Responses

Kirim Komentar