Pengenalan MVC (Model View Controller)

Kenapa MVC menjadi trend pemrograman php, dimana letak dari keunggulan mvc dibanding kita melakukan pemrograman secara konvensional tanpa membedakan, alur model, tampilan dan juga controller. Yang jelas secara hasil kita bisa lihat bagaima kecepatan dari program berjalan dan kemudahan kita membuat suatu aplikasi. Sebelumya kita ingin menjelaskan apa itu MVC dalam pemrograman, dan sejauh mana konsep MVC bisa dijalankan dalam proses pemrograman, khususnya untuk yang berbasis php. Secara umum konsep MVC dapat di jelaskan sebagai berikut ini

Model
Model mencakup semua proses yang terkait dengan pemanggilan struktur data baik berupa pemanggilan fungsi, input processing atau mencetak output ke dalam browser.

Controller
Controller mencakup semua proses yang terkait dengan pemanggilan database dan kapsulisasi proses-proses utama. Jadi semisal di bagian ini ada file bernama member.php, maka semua proses yang terkait dengan member akan dikapsulisasi/dikelompokan dalam file ini.

View
View mencakup semua proses yang terkait layout output. Bisa dibilang untuk menaruh template interface website atau aplikasi.

Hampir perkembangan mvc dalam dunia pemrograman adalah , perkembangan dimana setiap orang bisa belajar dan membuat program yang enterprise (yang berbobot) tanpa harus mahir dan belajar bertahun-tahun atau pun membutuhkan team work yang banyak. Konsep MVC tidak hanya di gunakan dalam satu jenis program, bahkan sekarang bisa dikatakan hampir menyeluruh di setiap jenis pemrograman, baik yang open source maupun yang berbayar.

2

No Responses

Kirim Komentar