Program Pascal Persamaan Kuadrat

Sekedar ingin share saja, atau maksud yang lainnya, mungkin beberapa saat ini blog ni jarang ke update, itu dikarenakan sedang maklum, lagi sibuk-sibuknya penulis.., ini itu..  sambilan ini… sambilan itu, ngerjain sana, kembali ke itu lagi..hehhe.. Oke daripada tidak ada bahan, kali ini coba tak sampaikan tentang pemrograman pascal, yang sedang menghiasi hari-hari penulis dalam pekan-pekan ini,

Dimulai dari sejarahnya dulu, Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan filosofer terkenal abad 17 dari Perancis.

pascal.jpg

Blaise Pascal

Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan pemrograman terstruktur.

Dalam waktu singkat, Pascal telah menjadi bahasa yang populer di kalangan pelajar universitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. Beberapa profesional komputer juga mulai beralih ke bahasa Pascal. Kenyataannya, Pascal merupakan bahasa yang paling cepat populer dibandingkan dengan bahasa-bahasa komputer tingkat tinggi yang lainnya.

Sampai saat ini untuk komputer-komputer mikro dan personal, Turbo Pascal merupakan versi bahasa Pascal yang paling populer dan banyak digunakan. Kompiler Turbo Pascal banyak digemari, karena terutama bersifat interaktif, seperti interpreter saja layaknya. Selain itu Turbo Pascal mengikuti definisi dari standar Pascal seperti yang didefinisikan oleh K. Jensen dan Niklaus Wirth di Pascal User Manual dan Report. Turbo PASCAL adalah copyright dari Borland Inc. dan dapat digunakan pada sistem operasi PC-DOS, MS-DOS, CPM-86 dan CP/M-80. Berikut yang penulis pakai adalah Turbo Pascal versi 7.0.

Sekarang ke tema judul postingannya, kita coba buat program pascal persamaan kuadrat dalam matematika, langsung aja listing programnnya,

Program PersamaanKuadrat;
uses crt;
var a,b,c,d,x1,x2:real;

begin
clrscr;
writeln('Menghitung akar-akar persamaan kuadrat');
writeln('Nilai a,b,c dimasukkan dengan jeda spasi');
write('Masukkan nilai a,b,c = ');
readln(a,b,c);
d:=b*b-4*a*c;
if d<0 then writeln('Tidak ada akar real, coba ulangi masukkan nilai yang lain')
else
begin
x1:=(-b+sqrt(d))/(2*a);
x2:=(-b+sqrt(d))/(2*a);
writeln('x1=',x1:6:2);
writeln('x2=',x2:6:2);
end;

readln;

end.

Silahkan  di compile.., jika ada error atau saran yang lainya, bisa dijadikan koreksi.., semoga bermanfaat..

3

5 Responses

  1. hadi bindowi
    10/01/2010
    • andykamto
      15/01/2010
  2. Yoga Pangstu
    04/02/2010
    • andykamto
      06/02/2010
  3. sari
    23/03/2011

Kirim Komentar