SSL, S-HTTP, HTTPS dan S/MIME

SSL, S-HTTP, HTTPS dan S/MIME

Seringkali pemakai bertanya mengenai perbedaan-perbedaan antara berbagai protokol keamanan, dan bagaimana menggunakannya. Meski ini bukan dokumen enkripsi, merupakan ide yang baik untuk menjelaskan secara singkat setiap protokol dan di mana mencari informasi yang lebih banyak.

SSL : SSL, atau Secure Sockets Layer, adalah metode enkripsi yang dikembangkan oleh Netscape untuk memberikan keamanan di Internet. Ia mendukung beberapa protokol enkripsi dan memberikan autentikasi client dan server. SSL beroperasi pada layer transpor, menciptakan saluran enkripsi yang aman untuk data, dan dapat mengenkripsi banyak tipe data. Hal ini dapat dilihat ketika mengunjungi site yang aman untuk melihat dokumen online aman dengan Communicator, dan berfungsi sebagai dasar komunikasi yang aman dengan Communicator, juga dengan enkripsi data Netscape Communication lainnya. Informasi lebih banyak dapat dijumpai di http://www.consensus.com/security/ssl-talk-faq.html. Informasi mengenai implementasi keamanan Netscape lainnya dan sebagai titik awal yang baik untuk protokol-protokol ini tersedia di http://home.netscape.com/info/security-doc.html.

S-HTTP : S-HTTP adalah protokol lain yang memberikan pelayanan keamanan di Internet. Ia dirancang untuk memberikan confidentiality, authenticity, integrity, dan non-repudiability (tidak dapat dianggap sebagai orang lain) sementara mendukung banyak mekanisme manajemen kunci dan algoritma kriptografi melalui pilihan negosiasi antar pihak-pihak yang terlibat dalam setiap transaksi. S-HTTP terbatas pada software khusus yang mengimplementasikannya dan mengenkripsi setiap pesan secara individual.

S/MIME: – S/MIME, atau Secure Multipurpose Internet Mail Extension, adalah standar enkripsi yang digunakan untuk mengenkripsi surat elektronik, atau tipe pesan lain di Internet. Ini merupakan standar terbuka yang dikembangkan RSA, sehingga kemungkinan akan kita jumpai di Linux suatu hari. Informasi lebih lanjut tentang S/MIME dapat ditemukan di http://home.netscape.com/assist/security/smime/overview.html

Sumber : ID-Security-HOWTO

2

3 Responses

  1. 陳大衛
    16/01/2017
    • andykamto
      12/02/2017
  2. 陳大衛
    23/03/2017

Kirim Komentar