Tips Mudik Pintar dengan Memanfaatkan Teknologi

Tips Mudik Pintar dengan Memanfaatkan Teknologi

Mudik tiap tahunnya memang sudah menjadi kebiasaan dan tradisi bagi masyarakat Indonesia, mayoritas masyarakat baik yang merantau di kota-kota besar akan memanfaatkan moment ini untuk kembali menuju kampung halamannya masing-masaing. Tentunya lebaran adalah moment yang paling mereka tunggu untuk berkumpul bersama dengan keluarga dan saudara.

Apakah anda berencana mudik tahun ini? jika iya tentunya harus ada yang dipersiapkan, anda bisa membaca dan mencari artikel-artikel yang sudah banyak beredar tentang Info Tips Mudik 2015 maupun Lebaran 2015, tips dari saya tidak banyak, saya hanya ingin menuliskan beberapa panduan yang mungkin berguna bagi anda.

Apa saja saja itu? salah satunya adalah anda harus harus bisa mudik dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, tentunya anda akan mendapat info mengenai kondisi jalur, situasi, kejadian dan berita mudik yang uptodate, sehingga akan membuat perjalanan mudik anda lancar dan aman sampai ke tempat tujuan.

Salah satau media yang paling dicari adalah info jalur rute dan peta mudik 2015, baik yang berupa kertas, elektronik dan online menjadi wajib untuk anda miliki. Dan berikut adalah beberapa aplikasi dan peta jalur rute mudik 2015 baik online maupun offline yang bisa anda akses dan manfaatkan

1. Pantau Real Traffik Mudik dengan Google Maps

Dengan aplikasi Google Maps, google telah menambahkan fitur real traffic dan telah aktif sepenuhnya per Juli 2015 ini di indonesia. Kita bisa mengakses informasi kemacetan secara real time di 19 kota, yaitu di Surabaya, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Batam, Pekanbaru, Bogor, Bandar Lampung, Padang, Denpasar, Malang, Samarinda, Tasikmalaya, Yogyakarta, Surakarta, Banda Aceh, dan Jambi.

Caranya anda tinggal aktifkan layer Traffic, pilih opsi “Live traffic” anda akan mulai melihat rute yang bisa dipilih dan tanda warna yang berbeda, ini adalah warna penanda pembeda kecepatan yang disebabkan oleh kemacetan. Hijau = lancar, Oranye = kemacetan ringan, dan Merah = kemacetan yang lebih padat. Aplikasi google maps untuk android bisa anda unduh langsung di google play.

mudik_google_maps.jpg

 

2. Aplikasi Peta Mudik dari MetroTV

MetroTV mengeluarkan aplikasi peta mudik yang cukup lengkap menurut saya, aplikasi ini dilengkapi dengan 8 fitur utama: Rute Mudik, Peta Interaktif, Info Terkini, Cari Tempat, Berbagi Info, Rombongan, Kejutan Mudik, dan Nomor Penting. Untuk menggunakannya kita diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu, kita bisa mendaftar melalui akun facebook atau dengan nomor ponsel yang kita miliki. Untuk aplikasinya bisa anda download di google play https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ebdesk.mobile.pandumudikpreview, dan untuk versi webnya anda bisa akses di http://peta-mudik.com/.

mudik_metrotv1.jpg

 

3. Aplikasi Peta Mudik CCTV dari Korlantas POLRI

Aplikasi pintar ini dibuat oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, aplikasi untuk android ini diberi nama IBOLZ NTMC TV. Kita bisa mengakses peta real time di setiap jalanan pada jalur mudik, dengan bantuan CCTV yang ada dalam jaringan National Traffic Management Center (NTMC) Polri. Menarik bukan, dengan begitu pemudik dapat langsung mengetahui kondisi di jalan melalui menu CCTV. Kita dapat mengunduhnya secara gratis di google play pada link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=air.com.balepoint.ibolz.ntmc.

mudik_ntmc_tv.jpg

 

4. CCTV Live dari Jalur Mudik dari RTTMC Polri

RTTMC (Road Transport And Traffic Management Center) memberikan akses layanan Live CCTV online untuk wilayah-wilayah jalur mudik dimulai dari jalur utara, jalur tengah, jalur selatan, jalur barat, dan terminal. Lumayan lengkap jalur cctv yang disajikan, anda bisa mengaksesnya dengan mengunjungi link http://www.rttmc-hubdat.com/livecctv.

 

5. Peta Jalur Mudik Offline lainnya

Selain Live CCTV, RTTMC juga menyediakan rute jalur mudik berbentuk image atau gambar yang bisa kita buka dan simpan di dalam perangkat komunikasi atau handpone kita. Atau jika mau, anda print saja juga bisa :-). Berikut link download images peta mudik offline yang saya kutip dari http://www.rttmc-hubdat.com/map

Download Peta Mudik JAWA BALI 2015 (Part 1)

Download Peta Mudik JAWA BALI 2015 (Part 2)

Download Peta Mudik JAWA BALI 2015 (Part 3)

Download Peta Mudik JAWA LAMPUNG 2015

Download Peta Mudik JAKARTA SEMARANG RIAU 2015

Demikian semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda yang akan melaksanakan mudik pada tahun ini. Selamat mudik, dan jangan lupa tetap selalu waspada 🙂

3

One Response

  1. ahmad
    07/09/2016

Kirim Komentar